cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Jumat, 04 November 2016

Soetaryo Sigit: Membangun Pertambangan untuk Kemakmuran Indonesia

Soetaryo Sigit: Membangun Pertambangan untuk Kemakmuran Indonesia
Oleh : Bambang Haryanto
Berat : 0.71 kg
Tahun : 2016
Halaman : 735
ISBN : 9786024241834
Penerbit : KPG
Harga : Rp100.000
Sinopsis
SOETARYO SIGIT (1929–2014) ialah salah seorang tokoh penting kemajuan pertambangan Indonesia. Dibesarkan dari keluarga sederhana, Sigit di kenal jujur, tekun, dan mencintai ilmu—nilai-nilai yang diajarkan kedua orangtuanya. Nilai-nilai itu membentuk dirinya sebagai pribadi yang penuh integritas dalam berkarya di dunia pertambangan.

Di tengah keraguan pemerintahan Sukarno pada perkembangan sektor pertambangan, Sigit meyakinkan potensi besar pertambangan mineral dan batu bara bagi perekonomian Indonesia. Pada 1967 ia mencetuskan sistem Kon trak Karya. Lalu pada 1975 ia menggerakkan laju industri pertambangan batu bara kita dengan menelurkan Perjanjian Kerjasama Pengusahaan Pertam bangan Batubara. Dua ide besar itu dan pengetahuan Sigit mengenai per tam bangan Indonesia membuat rekan dan sahabat-sahabatnya lantas me nah biskannya sebagai “kamus hidup industri mineral Indonesia dalam 50 tahun terakhir”.

Sekalipun telah pensiun sebagai Direktur Jenderal Pertambangan Umum Departemen Pertambangan dan Energi, Sigit tetap getol menjembatani kepentingan pemerintah dengan investor industri tambang. Bagi Sigit, “Tingkat perkembangan dan kemajuan pertambangan di suatu negara, bukan terutama di tentukan oleh potensi sumber daya mineralnya, betapapun kayanya, melainkan lebih banyak bergantung pada kebijakan pemerintah yang berkuasa dalam men ciptakan usaha yang diperlukan.”

Buku ini memberikan gambaran tentang sejarah pertambangan di Indonesia dari sudut salah seorang pelaku pentingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *