cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Minggu, 06 November 2016

Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa SMA/MA Kelas XI (Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya) (Kurikulum 2013) (Jilid 2)

Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa SMA/MA Kelas XI (Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya) (Kurikulum 2013) (Jilid 2)
Oleh : Yadi Mulyadi, Ani Andriyani
Berat : 0.44 kg
Tahun : 2016
Halaman : 256
ISBN : 9786023743117
Penerbit : Yrama Widya
Harga : Rp55.800
Harga Normal : Rp62.000
Diskon : 10%
Sinopsis
Buku Siswa Bahasa dan Sastra Indonesia untuk siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya ini merupakan buku yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Perubahan tersebut tercermin dalam kompetensi dasar yang harus dicapai pada masing-masing tingkatan kelas. Dengan adanya perubahan kompetensi dasar, cakupan materi yang harus diajarkan pun mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Cakupan materi utama dalam buku ini terdiri atas debat, makalah, klausa, kalimat, periodisasi sastra, nilai-nilai dalam cerpen dan novel, dan apresiasi drama. Seluruh materi utama tersebut diklasifikasikan menjadi 8 bab, yaitu Bab I: Berdebat dengan Beragam Tema, Bab II: Makalah dan Penyajiannya, Bab III: Analisis Klausa, Bab IV: Variasi Kalimat dalam Novel, Bab V: Periodisasi Sastra, Bab VI: Nilai-nilai dalam Cerpen, Bab VII: Nilai-nilai dalam Novel, dan Bab VIII : Apresiasi Drama.

Berdasarkan sebaran materi di atas, pembelajaran dalam buku ini terbagi ke dalam aspek berbahasa, bersastra, dan literasi. Kemampuan berbahasa akan dilatih secara optimal pada Bab I sampai Bab IV. Sementara itu, kemampuan bersastra akan terasah melalui pembelajaran Bab V sampai Bab VIII. Pada akhirnya, kedua aspek tersebut dapat mendorong kemampuan literasi siswa selama belajar di sekolah dan untuk kehidupan di masyarakat.

Hal yang akan dipelajari pada Bab I adalah debat. Pembelajaran ini akan menggiring siswa dalam mengidentifikasi hal-hal pokok yang disampaikan dalam sebuah debat. Pada aspek keterampilannya, siswa diharapkan dapat mempraktikkan debat dalam kehidupan. Materi kebahasaan berikutnya adalah penulisan karya tulis ilmiah dalam bentuk makalah. Hal ini akan dipelajari pada Bab II. Pemahaman terhadap struktur makalah menjadi landasan dalam analisis dan penulisan makalah dalam berbagai bidang. Tak hanya itu, kemampuan lainnya dari pembelajaran ini adalah aktivitas menyajikan makalah secara lisan. Pada Bab III, hal yang dipelajari berkaitan dengan klausa. Pemahaman tentang teori klausa akan diuji melalui aktivitas menganalisis laporan. Pada akhirnya, kemampuan dalam menyajikan laporan hasil analisis klausa akan menjadi keterampilan lanjutan bagi siswa. Aspek kemampuan berbahasa lainnya yang tersaji pada Bab IV adalah pemahaman tentang kalimat. Pada bab ini, kemampuan berbahasa digunakan untuk mengkaji dan menganalisis objek kajian sastra, yakni novel. Keterampilan yang terasah dalam bab ini adalah membuat ringkasan isi novel dengan menggunakan jenis-jenis kalimat yang telah dipelajari sebelumnya.

Rangkaian pembelajaran selanjutnya adalah upaya peningkatan kemampuan bersastra. Pada Bab V, siswa akan memahami pembabakan dan genre sastra di Indonesia. Hal ini meupakan fondasi dalam pembelajaran sastra dalam mengidentifikasi genre sastra berdasarkan periodisasinya serta menyajikannya, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Pada bab VI, pemahaman terhadap unsur intrinsik mutlak diperlukan untuk mencari dan menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Pada akhirnya, keterampilan menyajikan hasil analisis perbandingan nilai-nilai dalam dua cerpen dapat terkuasai dengan baik. Sebagai tahapan lanjutan dari bab sebelumnya, materi Bab VII masih tentang nilai-nilai dalam karya sastra. Namun, objek kajiannya adalah novel. Pada Bab VIII, siswa akan diajak mengevaluasi unsur pementasan drama, menganalisis jenis-jenis drama, dan menulis kritik sastra drama sebagai bagian dari bentuk apresiasi terhadap drama. Pada akhirnya, siswa akan sangat terampil dalam mementaskan sebuah drama.

Seluruh materi tersebut disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan gambar, ilustrasi, serta komponen lainnya untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan. Hal tersebut dirancang untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang interaktif agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pada akhirnya, siswa dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *