cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Rabu, 23 November 2016

Diskursus Teori-Teori Kritis: Kritik Atas Kapitalisme Klasik, Modern, dan Kontemporer

Diskursus Teori-Teori Kritis: Kritik Atas Kapitalisme Klasik, Modern, dan Kontemporer
Oleh : T. M. Soejanto Poespowardojo, Alexander Seran
Berat : 0.54 kg
Tahun : 2016
Halaman : 312
ISBN : 9786024121556
Penerbit : Buku Kompas
Harga : Rp89.000
Sinopsis
Dalam tradisi Jerman Teori Kritis telah dirintis C. Gerlach dan A. Grunberg dalam bayang-bayang Revolusi Rusia 1917. Generasi Pertama pengembang Teori Kritis (1933-1970) dipimpin oleh M. Horkheimer dengan fokus pada kritik ideologi atas rasionalitas modern sebagai rasionalitas instrumental. Generasi kedua (1970-1980) dipimpin oleh J├╝rgen Habermas yang menggagas Teori Kritis sebagai kritik sosial berdasarkan perspektif komunikasi. Pendekatan Teori Kritis dalam perspektif aksi-komunikatif diklaim Habermas sebagai teori rekonstruktif. Generasi ketiga (1980 sampai sekarang) dipimpin oleh Axel Honneth yang meneruskan pemikiran aksi-komunikatif sekaligus mereformulasi pandangan diskursus publik dalam paradigma komunikasi publik dengan melakukan pembatasan pada masyarakat dalam kelompok-kelompok terbatas.

Melalui pemikiran berbagai tokoh filsafat, pembaca diajak untuk bersikap kritis, dalam arti berpikir dan bertindak rasional. Rasional berpikir sesuai kenyataan objektif, bertindak sesuai norma yang berlaku, dan bersikap jujur sesuai hati nurani yang bersih.

Untuk memahami situasi masyarakat sekarang secara lebih mendalam dan lebih baik, buku Diskursus Teori-Teori Kritis ini perlu dibaca untuk memperkaya pemikiran dan analisis untuk menemukan terobosan-terobosan intelektual bagi pengembangan ekonomi dan politik yang semakin demokratis.

Prof. Em. Dr. Tarcisius Michael Soerjanto Poespowardojo Lahir di Jember tahun 1934, meraih gelar doktor di bidang filsafat dengan predikat cum laude di Universitas Angelicum Roma, Italia (1968). Tenaga pengajar tetap di Universitas Indonesia sejak 1970. Bersama Harsya Bachtiar, Dekan Fakultas Sastra Universitas Indonesia, mendirikan Jurusan Filsafat dan mengembangkannya sampai program pascasarjana (1974-1989). Guru besar sejak 1990. Selama lebih dari dua dekade sejak tahun 1980-an, menjadi dosen / widyaiswara di Lemhannas, Sesko AL, Sesko AU, Sesko AD, Sespimpol, dan Seskogab (Sesko TNI). Anggota Dewan Riset Nasional (1984-1994), anggota MPR RI (1987-1992). Staf Ahli Menseskab/Mensesneg (1984-1998). Sekretaris Tim P7 (Tim Penasihat Presiden mengenai Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila 1985-1998). Pendiri dan Ketua Lingkaran Kajian Kritis Kampus Depok (2011). Ketua Dewan Pengarah Liga Gerakan Budaya Pancasila (Jakarta, 2012).

Dr. Alexander Seran, M.A. Lahir di Timor tahun 1958. Menjalani pendidikan pascasarjana di Ateneo de Manila University, Filipina, meraih gelar doktor ilmu pengetahuan budaya bidang filsafat dengan predikat cum laude di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (2010). Tenaga pengajar tetap di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Kepala Pusat Pengembangan Etika (PPE) pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Salah seorang pendiri Lingkaran Kajian Kritis Kampus Depok (2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *