cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Senin, 14 November 2016

Buku Dasar-dasar Patologi Sosial

Buku Dasar-dasar Patologi Sosial
Oleh : Adon Nasrulloh Jamaludin
Berat : 0.45 kg
Tahun : 2016
Halaman : 292
ISBN : 9789790766013
Penerbit : Pustaka Setia
Harga : Rp49.500
Harga Normal : Rp55.000
Diskon : 10%
Sinopsis
Patologi adalah ilmu yang membicarakan asal-usul dan sifat-sifat penyakit. Adapun patologi sosial adalah semua tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan, stabilitas lokal, pola kesederhanan, moral, hak milik, solidaritas keluarga, hidup rukun bertetangga, disiplin, kebaikan, dan hukum formal.

Menurut teori patologi, masyarakat selalu dalam keadaan sakit atau masyarakat yang tidak berfungsi secara sebagian atau keseluruhan. Masyarakat dapat dikatakan sehat jika seluruh anggota masyarakat berfungsi dengan sempurna. Jika dipandang dari luar, masyarakat terlihat menjalankan fungsinya dengan sempurna. Akan tetapi, jika dilihat dari dalam, tampak bahwa masyarakat tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Misalnya, masyarakat yang makmur memang terlihat makmur, tetapi di dalamnya banyak masalah yang dihadapi. Masyarakat tidak berbeda dengan organisme atau biologi, sehingga dalam masyarakat pun dikenal dengan konsep penyakit. Konsep dasar patologi sosial adalah kajian atau pembahasan terhadap gejala sosial atau penyakit sosial, yang menyebabkan kerugian bagi individu tersebut atau orang lain sehingga dapat menimbulkan keresahan individu atau sosial.

Dalam perspektif perilaku menyimpang, masalah sosial terjadi karena terdapat penyimpangan  perilaku dari berbagai aturan sosial ataupun nilai dan norma sosial yang berlaku. Perilaku menyimpang dapat dianggap sebagai sumber masalah karena dapat membahayakan sistem sosial. Secara umum, patologi sosial sebagai gejalan perilaku menyimpang dapat diartikan sebagai tingkah laku yang melanggar atau bertentangan dengan aturan normatif dan pengertian normatif ataupun harapan lingkungan sosial yang bersangkutan.

Semua tingkah laku yang sakit secara sosial merupakan penyimpangan sosial yang sukar diorganisasikan, diatur, dan ditertibkan sebab para pelakunya menggunakan pemecahan sendiri yang tidak umum, luar biasa, atau abnormal. Pada umumnya, mereka mengikuti kemauan dan cara sendiri demi kepentingan pribadi. Oleh karena itu, deviasi tingkah laku tersebut dapat mengganggu dan merugikan subjek pelaku dan/atau masyarakat luas. Deviasi tingkah laku ini juga merupakan gejala yang menyimpang dari tendensi sentral atau menyimpang dan ciri-ciri umum rakyat kebanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *