cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Jumat, 28 Oktober 2016

Politik Hukum di Indonesia

Politik Hukum di Indonesia
Oleh : Mahfud MD
Berat : 0.50 kg
Tahun : 2013
ISBN : 9789797692636
Penerbit : Rajawali Pers
Harga : Rp93.600
Harga Normal : Rp104.000
Diskon : 10%
Sinopsis
Buku ini tergolong langka di Indonesia. Betapa tidak, tradisi menulis tentang materi hukum di negeri ini masih didominasi oleh metode normatif-deduktif. Metode ini tidak memperkaya pemahaman kita mengenai hukum yang sesungguhnya. Yang jauh lebih kompleks daripada bentuk penampilannya yang hanya yuridis-normatif. Metode interdisipliner, transdisipliner, seperti yang dilakukan dalam buku ini, membantu menampilkan sosok hukum secara lebih lengkap.

Prof. Dr. Satjipto Rahardjo

Selain memaparkan hubungan kuasa antara konfigurasi politik dan produk hukum dengan mengkaji hukum pemilihan umum, hukum pemerintahan (di daerah) dan hukum agraria, buku ini juga merupakan kajian ilmu hukum yang dipadukan dengan ilmu politik. Oleh karena itu, isinya jelas berbeda dengan tulisan-tulisan yang menggunakan pendekatan normatif semata.

Prof. Dr. H.R. Sri Soemantri M

Moh. Mahfud MD adalah guru besar Hukum Tata Negara ( dengan fokus perhatian pada bidang Politik Hukum ) yang saat ini menjabat juga sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI).

Dengan menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, Moh. Mahfud MD tercatat sebagai tokoh yang pernah menduduki jabatan di tiga poros kekuasaan Negara (legislatif, eksekutif, dan yudikatif) sebagaimana diajarkan oleh Montesquieu dalam teori Trias Politika. Sampai dengan tahun 2009, tampaknya belum pernah ada tokoh Indonesia lainnya yang pernah menduduki semua poros kekuasaan tersebut sekaligus yakni menteri (eksekutif), anggota DPR (legislatif), dan hakim konstitusi (yudikatif).

Daftar Isi
Bab 1 Arti dan Cakupan Politik Hukum
          Pengertian--Hukum Sebagai Alat--Cakupan Studi Politik Hukum--Hukum Sebagai Produk Politik--Konfigurasi Politik dan Produk Hukum

Bab 2 Pengaruh Politik Terhadap Hukum
          Intervensi Politik atas Hukum--Asumsi Dasar--Ambiguitas Istilah, Konseptualisasi dan Indikator--Bingkai Buku

Bab 3 Pilihan Konsepsi dan Indikator tentang Politik dan Hukum
          Mengapa Politik Hukum?--Konfigurasi Politik dan Produk Hukum--Konseptualisasi dan Ruang Lingkup

Bab 4 Konfigurasi Politik dan Produk Hukum pada Periode Demokrasi Liberal

Bab 5 Konfigurasi Politik dan Produk Hukum pada Periode Demokrasi Terpimpin

Bab 6 Konfigurasi Politik dan Produk Hukum pada Era Orde Baru

Bab 7 Diskusi Tentang Konfigurasi Politik dan Karakter Produk Hukum

Bab 8 Demokratisasi Menuju Pembangunan Hukum Berwatak Responsif

Bab 9 Aktualisasi Temuan Pasca Reformasi
          Hubungan Kausalitas antara Hukum dan Politik--Perubahan Berbagai UU--Penghapusan Tap MPR-Perubahan Undang-Undang Dasar-Demokratisasi Sebagai Syarat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *