cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Sabtu, 12 November 2016

Dinamika Sistem Politik Indonesia

Dinamika Sistem Politik Indonesia
Oleh : Yaya Mulyana Aziz, Syarief Hidayat
Berat : 0.50 kg
Tahun : 2016
Halaman : 358
ISBN : 9789790765849
Penerbit : Pustaka Setia
Harga : Rp59.400
Harga Normal : Rp66.000
Diskon : 10%
Sinopsis
Indonesia merupakan bagian dari sistem politik dunia, yang akan memengaruhi sistem politik negara tetangga ataupun dalam cakupan lebih luas. Struktur kelembagaan atau institusi khas Indonesia akan terus berinteraksi secara dinamis, saling memengaruhi, sehingga melahirkan sistem politik yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Walaupun demikian, kekhasan sistem politik Indonesia belum dapat dikatakan unggul jika kemampuan positif struktur dan fungsinya belum diperhitungkan dengan sistem politik negara lain.

Indonesia adalah negara kesatuan berbentuk republik. Indonesia menganut sistem demokrasi, yaitu kedaulatan berada di tangan rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Selain itu, Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensil, yaitu presiden berkedudukan sebagai kepala negara, sekaligus kepala pemerintahan. Sistem politik Indonesia diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan berbagai kegiatan dalam negara Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan umum, termasuk proses penentuan tujuan, upaya mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, serta seleksi dan penyusunan skala prioritasnya.

Dinamika kehidupan sosial dan politik pascareformasi terlihat begitu semarak, bahkan sering kontroversial karena dalam beberapa hal ingin mengubah dan merombak tatanan dan sistem lama dengan tatanan dan sistem baru. Dalam tatanan kehidupan sosial yang lebih bebas dan terbuka, media menjadi alat kontrol yang lugas serta sistem politik yang lebih terbuka, partisipatif dan transparan, misalnya dalam rekrutmen politik seperti melalui Pilpres dan Pilkada yang mengoptimalkan mobilisasi dukungan massa dan media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *