cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Rabu, 30 November 2016

Aspek Hukum Sewa Rahim: Dalam Perspektif Hukum Indonesia

Aspek Hukum Sewa Rahim: Dalam Perspektif Hukum Indonesia
Oleh : Sonny Dewi Judiasih, Susilowati Suparto Dajaan, Deviana Yuanitasari
Berat : 0.21 kg
Tahun : 2016
ISBN : 9786026322210
Penerbit : Refika Aditama
Harga : Rp27.000
Harga Normal : Rp30.000
Diskon : 10%
Sinopsis
Buku ini merupakan hasil penelitian yang didanai oleh Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, dengan melakukan studi banding ke Singapura dan India dan juga studi literatur ke beberapa negara lainnya. Buku ini pada awalnya menggambarkan terlebih dahulu mengenai pengertian Surrogate Mother dan Jenis Surrogate Mother, kemudian menjelaskan kondisi praktik Surrogate Mother saat ini, baik di Indonesia maupun di beberapa negara di dunia, serta membahas mengani status hukum anak yang lahir dari surrogate mother yang mempunyai kemungkinan yang unik terkait dengan siapa yang disebut sebagai orang tua. Dalam traditional surrogacy maka yang menjadi ayah dan ibu biologisnya adalah laki-lai yang memberikan sperma dan surrogate mother dari mana ovum itu berasal.

Yang dibahas dalam buku ini antara lain adalah kedudukan Surrogacy Agreement menurut Hukum Perjanjian di Indonesia, status hukum anak yang lahir dari Surrogate Mother, pengaturan pelaksanaan Surrogate Mother di beberapa negara sebagai perbandingan, dan pengaturan Surrogate Mother di Indonesia.

Pada bagian akhir buku ini, dijelaskan bahwa Indonesia belum memiliki aturan yang spesifik mengatur mengenai Surrogae Mother, oleh karena itu pelaksanaan Surrogate Mother yang terkait dengan perjanjian surrogate tidak dimungkinkan dilakukan di wilayah hukum Indonesia. Status anak yang lahir dari surrogate mother dalam kaitan dengan pengaturan Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, bahwa anak tersebut merupakan anak sah dari Surrogate Mother, bukan anak dari orang tua yang menitipkan benih di rahim surrogate mother. Telah dilakukan perbandingan dengan beberapa negara seperti Singapura dan India, dari hasil penelusuran data disimpulkan bahwa terdapat negara-negara yang menolak dan terdapat pula negara-negara yang dapat menerima keberadaan surrogate mother. Sehubungan dengan banyaknya praktik yang dilakukan oleh masyarakat terkait dengan surrogate mother, kami merasa perlu dibuat aturan yang akan berperan sebagai panduan dalam pelaksanaan surrogate mother yang dimaksudkan untuk adanya ketertiban dan kepastian hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *