cukup diklik, buku tiba di rumah

Toko Buku Online Belbuk.com

Jumat, 21 Oktober 2016

Bimbingan Konseling di Sekolah & Madrasah

Bimbingan Konseling di Sekolah & Madrasah
Oleh : Mulyadi
Berat : 0.96 kg
Tahun : 2016
ISBN : 9786024220112
Penerbit : Prenada Media Group
Harga : Rp121.500
Harga Normal : Rp135.000
Diskon : 10%
Sinopsis
Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu segi pendidikan yang mempunyai peran penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional. Bantuan yang diberikan oleh guru pembimbing melalui layanan bimbingan dan konseling ini diarahkan pada penguasaan sejumlah kompetensi yang diperlukan dalam menghadapi tantangan dan masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Kompetensi tersebut meliputi: kompetensi fisik, intelektual, sosial, pribadi, dan kompetensi spiritual. Semua kompetensi ini hendaknya dapat terwujud dengan serasi, selaras, dan seimbang bagi setiap individu untuk tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan.

Guru Pembimbing dan/atau Guru Bimbingan dan Konseling sebagai pelaksana tugas kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah/madrasah meliputi: (1) Persiapan kegiatan layanan (layanan pendukung bimbingan dan konseling); (2) Pelaksana kegiatan (layanan dan pendukung bimbingan dan konseling); (3) Evaluasi kegiatan (layanan dan pendukung bimbingan dan konseling); (4) Analisis kegiatan bimbingan konseling; (5) Kegiatan tindak lanjut bimbingan dan konseling; (6) Pengembangan profesi bimbingan dan konseling.

Bidang tugas guru pembimbing atau guru bimbingan dan konseling ini dikembangkan melalui pola umum bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah yang dikenal dengan istilah BK Pola 17 dan 17 Plus. Melalui BK Pola 17 dan 17 Plus di sekolah dan madrasah yang diselenggarakan oleh guru bimbingan dan konseling akan membantu peserta didik memahami kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya, memahami dan menerima dirinya apa adanya, mengenal lingkungannya, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, ekonomi, lingkungan budaya, dan alam sekitarnya serta mampu merencanakan masa depan yang realistis.

Dengan demikian, keseluruhan aktivitas bimbingan dan konseling yang diselenggarakan oleh guru pembimbing merupakan bagian yang integral dari keseluruhan aktivitas pendidikan, karena sekecil apa pun kegiatan pendidikan tidak terlepas dari kegiatan bimbingan dan konseling.

Daftar Isi

  1. PENDAHULUAN
  2. MANUSIA DAN PERMASALAHANNYA
  3. TINJAUAN TENTANG BIMBINGAN KONSELING DAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI SEKOLAH DAN MADRASAH
  4. PENDEKATAN DAN TEKNIK-TEKNIK BIMBINGAN KONSELING
  5. BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM LINTAS SEJARAH
  6. URGENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN
  7. ETIKA BIMBINGAN DAN KONSELING
  8. GURU PEMBIMBING SEBAGAI PELAKSANA UTAMA KEGIATAN BIMBINGAAN DAN KONSELING DI SEKOLAH/MADRASAH
  9. POLA UMUM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH
  10. DATA DALAM PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
  11. KEDUDUKAN DAN POLA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN
  12. DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH
  13. ADMINISTRASI DAN ORGANISASI BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH
  14. PERSONEL BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH
  15. GURU PEMBIMBING ATAU KONSELOR SEKOLAH DAN MADRASAH SEBAGAI TENAGA ADMINISTRASI PENDIDIKAN
  16. GURU PEMBIMBING SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DAN MADRASAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Munadi Book

Munadi Book merupakan sebuah blog yang menyediakan informasi tentang buku bagi para pengunjung yang ingin membeli buku. Informasi mengenai buku-buku yang ada di blog ini terdiri dari berbagai jenis kategori. Terima kasih sudah mencari dan akhirnya membeli buku melalui blog ini.




Komentar

Kontak

Nama

Email *

Pesan *